bawang bombay

Tips Mengolah Bawang Bombay dengan Tepat Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Bawang bombay adalah salah satu bumbu dapur atau penyedap masakan yang umumnya banyak digunakan dalam membuat hidangan oriental. Apalagi pada dasarnya jenis bawang yang satu ini juga bukan termasuk hasil budidaya lokal. Sehingga memang masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan jenis bawang merah maupun putih sebagai bumbu utama dalam pembuatan hidangan mereka. Padahal dengan menambahkan bawang bombay ini sendiri nantinya akan membuat cita rasa masakan menjadi semakin wangi.

 

Kandungan Nutrisi dalam Bawang Bombay

Bawang dengan ukuran besar yang satu ini tak hanya memiliki aroma khas yang sedap, melainkan nyatanya ia juga kaya akan beragam senyawa bernutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Berikut ini diantaranya yang patut diketahui yaitu:

 

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Zinc.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B6.
  • Zat besi

Tentunya masih banyak lagi senyawa bermanfaat yang ada didalamnya, apalagi ia juga kaya akan kandungan antioksidan semacam flavonoid, asam fenolik sampai dengan antosianin.

Tips Mengolah Bawang Bombay dengan Benar

Sama halnya dengan bahan makanan yang lainnya, maka dalam pengolahan bawang bombay ini juga tidak boleh sembarangan, apalagi jika seandainya Anda tak ingin kandungan nutrisi yang ada didalamnya hilang. Berikut ini tips pengolahannya secara tepat yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Jangan dimasak terlalu lama, bahkan jauh lebih bagus jika seandainya Anda mengonsumsi bawang bombay tersebut dalam kondisi ia masih segar atau mentah. Karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya masih utuh. Hanya saja memang aromanya terbilang menyengat.
  2. Lebih aman tidak digoreng, bawang bombay goreng atau ring onions memang termasuk hidangan yang nikmat, karena gurih dan sedikit manis, Juga enak digunakan sebagai cemilan, namun banyak diantara kandungan nutrisi yang ada didalamnya yang sudah hilang. Sehingga sebenarnya hal ini juga kurang bagus bagi kesehatan.
  3. Jika ingin merebusnya maka pastikan bahwa memasukkan potongan dari bawang bombay tersebut terakhir, karena nantinya jika dimasukkan pertama maka ia akan mudah benyek. Selain dari segi teksturnya yang sudah tidak nikmat lagi, maka untuk kandungan nutrisinya sudah pasti banyak yang hilang menguap.

 

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Dengan mengonsumsi bawang bombay ini sendiri pada dasarnya juga memberikan Anda beragam manfaat yang bagus bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, hal ini berhubungan dengan kandungan serat dalam bawang bombay yang bagus untuk pencernaan, mencegah sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada dalam usus.
  2. Menjaga kesehatan jantung, kandungan antioksidan yaitu quercetin dalam bawang bombay ampuh untuk turunkan tekanan darah tinggi, cegah penyakit jantung hingga stroke.
  3. Menjaga kesehatan tulang, bagus untuk menurunkan resiko terkena penyakit pengeroposan tulang, apalagi bagi wanita yang sudah masuk usia menopause.
  4. Mampu untuk menangkal efek buruk radikal bebas, hal ini tak terlepas dari senyawa antioksidan dalam bawang bombay tersebut.
  5. Dapat melawan infeksi bakteri yang ada dalam tubuh.

Penuhi kebutuhan dapur Anda secara mudah diantaranya adalah dengan belanja lewat aplikasi dari TaniHub. Mereka menyediakan beragam produk kebutuhan dapur atau hasil pertanian secara lengkap dengan harga yang terjangkau. Kesegarannya terjaga karena memang produk tersebut didapatkan langsung dari hasil panen para petani yang ada di Indonesia. Ada banyak promo menarik yang ditawarkan disini, jadi bisa lebih hemat dalam belanja.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *