Perbedaan, Kelebihan Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi

Pembelajaran daring dan luring

Pembelajaran daring dan luring menjadi solusi pembelajaran masa kini. Akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat pembelajaran saat ini dilakukan dengan cara online dan offline.  Daring merupakan singkatan dalam jaringan dimana yang dimaksud jaringan tersebut adalah internet. Pembelajaran satu ini menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, ponsel dan perangkat lainnya yang tersambung ke internet. Luring adalah kebalikan dari daring. Luring ini merupakan singkatan dari luar jaringan. Sistem pembelajaran luring ini menggunakan tatap muka dan tidak memerlukan jaringan internet.

Perbedaan Luring dan Daring

Ada beberapa perbedaan luring dan daring yang menarik untuk Anda ketahui mengingat kedua metode ini masih banyak dilakukan saat pandemi ini.  Pembelajaran luring tidak menggunakan jaringan internet. Pembelajaran menggunakan media seperti televisi, radio, modul belajar mandiri. Luring juga menggunakan bahan ajar cetak dan menggunakan alat peraga atau media belajar yang ada di lingkungan sekitar. Pembelajaran daring ini menggunakan jaringan internet. Pembelajaran daring menggunakan aplikasi untuk pembelajaran dan menggunakan LMS atau Learning Management System.

Kelebihan Luring dan Daring

Pembelajaran luring dan daring ini memiliki kelebihan sendiri-sendiri seperti berikut ini:

1. Media yang lebih menarik

Kelebihan pembelajaran secara daring ini media yang digunakan lebih menarik. Media digital ini memiliki berbagai macam jenis mulai dari media atau animasi, video, dan sebagainya. Dengan media yang menarik ini murid akan lebih mudah dalam menyerap pembelajaran.

2. Menawarkan Fleksibilitas yang Lebih Tinggi

Kelebihan daring selanjutnya adalah menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Murid dan guru bisa mengatur jam pembelajaran bersama-sama. Pembelajaran daring atau online ini bisa dilakukan kapan saja, sedangkan tempatnya bisa dimana saja. Semua pembelajaran daring dilakukan di depan layar. Hal ini juga yang membuat siswa atau murid lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas dan pembelajaran yang dimilikinya.

3. Aksesibilitas yang Mudah

Untuk mendapatkan materi murid tidak menemui guru di sekolah. Murid bisa mengakses tugas dan materi di platform yang sudah disetujui sebelumnya seperti melalui email maupun platform yang lainnya.

4. Mudah Melakukan Tindak Lanjut

Pembelajaran daring atau online akan lebih efektif jika di ditindaklanjuti dengan pembelajaran offline. Dengan tatap muka ini guru atau murid akan mudah melakukan tindak lanjut terhadap pembelajaran daring yang dilakukan misalnya menanyakan bagian materi yang belum dipahami dan sebagainya.

Mengenal Pembelajaran Campuran atau Blended Learning

Selain daring dan pembelajaran luring ada juga metode blended learning. Sesuai dengan namanya metode satu ini memadukan pembelajaran luring dan daring.  Pembelajaran satu ini lebih inovatif karena menggunakan aplikasi saat pembelajaran. Blended learning ini juga menerapkan sesi sinkron dan asinkron. Selain itu metode blended learning dijamin lebih efektif untuk menciptakan proses dan hasil pembelajaran yang lebih maksimal.

 

Untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan berkualitas Anda bisa mempercayakan pendidikan di Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah ini begitu inovatif dengan fokus pembelajaran blended learning yaitu menggabungkan pembelajaran daring dan luring, hubung kontak untuk informasi lebih lanjut.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *