Morinaga Platinum

Makanan Apa Saja Sih Yang Harus Diperhatikan Untuk Bayi Usia 1-3 Tahun?

Usia 1-3 tahun merupakan usia keemasan si kecil. Di masa-masa ini, penting sekali bagi setiap bunda untuk memenuhi kebutuhannya seperti memenuhi asupan gizi terbaik dan mendampingi pemenuhan nutrisi dengan Morinaga Platinum. Bila Anda masih belum ada ide makanan apa yang perlu diberikan padanya, berikut ini adalah beberapa patokan sederhana yang Kami rangkumkan dari sumber terpercaya.

Kenapa Pilihan Makanan Jadi Sangat Penting Untuk Buah Hati Berusia 1-3 Tahun?

Di usia yang masih 1-3 tahun, bayi mengalami beberapa transisi terutama dalam hal makanan. Di usia ini, mereka mulai belajar rasa baru dan juga tekstur dalam makanan. ASI memang sangat penting untuk bayi, tapi ketika usianya sudah menginjak 1 tahun, penting sekali untuk mendampinginya dengan makanan pendamping karena energi yang dibutuhkan lebih besar dan tentunya gizinya.

Seberapa Banyak Makanan Yang Dibutuhkan Bayi?

Makanan yang dibutuhkan oleh buah hati tidak sama karena bergantung pada level aktifitas, ukuran dan usia balita. Dilansir dari Kidshealth.org, rata-rata bayi membutuhkan sekitar 1000-1400 per hari. Walaupun begitu, Anda harus ingat kalau di usia ini mereka sedang mengalami masa transisi. Balita yang berusia 1 tahunan biasanya porsi makannya tidak terlalu banyak. Ketika usianya bertambah, kebutuhannya terhadap makanan semakin bertambah pula. Bicarakanlah hal ini dengan dokter anak Anda.

Penting Sekali Mendampinginya Dengan Susu

Susu menjadi hal terpenting dalam diet balita karena kaya akan vitamin D dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Dengan kebutuhan si kecil yang mencapai 700 mg kalsium dan 600 IU vitamin D, susu menjadi sumber nutrisi yang paling pas. Tetap saja hal ini masih bergantung pada kondisi si kecil saat ini. Bila ia mengalami obesitas, tentunya harus disesuaikan.

Di awal, buah hati Anda mungkin tidak begitu menyukai minum susu, karena rasanya berbeda dengan ASI. Konsultasikan hal ini dengan dokter anak bila kasus ini terjadi. Dalam beberapa kasus, buah hati tidak bisa minum susu sapi dan sejenisnya. Karena hal ini, umumnya Anda disarankan untuk memberikan susu berbasis kedelai, brokoli, dan sejenisnya yang bisa memberikan asupan gizi yang cukup untuk si kecil.

Apa Saja Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Si Kecil?

Karena di usia 1-3 tahun bayi masih belajar banyak hal, termasuk memanfaatkan fungsi motorik tubuhnya, Anda harus berhati-hati saat memberikan makanan. Pastikan Anda tidak memberikan makanan berikut ini agar tidak tersedak:

  • Makanan yang punya tekstur licin seperti anggur, daging berukuran besar, permen, obat batuk, dsb.
  • Makanan kacang-kacangan seperti kacang, popcorn, biskuit, wortel segar dst.
  • Makanan yang lengket seperti peanut butter dan marshmallows.
  • Untuk aturan pemberian makanan, pastikan memotong makanan jadi kecil-kecil dan awasi balita Anda saat makan. Selain itu, perhatikan pula bila anak Anda punya alergi.

Dampingi Asupan Gizi Buah Hati Dengan Asupan Tambahan

Ada kalanya si kecil sangat picky terhadap makanan sehingga asupan gizinya sulit sekali terpenuhi. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendampingi makanannya dengan Morinaga Platinum. Produk ini sudah dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi di masa keemasannya.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir apa bila sudah memiliki pendamping gizi yang tepat.

Meta des: Memenuhi asupan gizi si kecil di usia 1-3 tahun memang sangat penting. Pastikan Anda tahu apa saja yang harus dikonsumsi dan tidak. Plus pastikan mendampinginya dengan Morinaga Platinum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *