Kenali Lebih Lanjut Mengenai Asuransi Syariah di Indonesia!

Asuransi syariah di Indonesia

Asuransi Syariah di Indonesia – Setiap orang memiliki risiko tersendiri dalam hidupnya. Tidak ada yang tahu kapan risiko tersebut akan datang, tugas kita adalah mempersiapkan agar dapat meminimalisir risiko terburuk yang dapat terjadi. Salah satu cara meminimalisir risiko adalah dengan memiliki produk asuransi kesehatan. Ini merupakan hal yang penting karena asuransi kesehatan dapat membantu finansial ketika kesehatan Anda menurun. Ada dua jenis produk asuransi di Indonesia, yaitu asuransi syariah dan konvensional.

 

Mungkin Anda pernah menerima panggilan atau pesan dari agen asuransi syariah yang sedang menawarkan produk asuransinya ke pada Anda. Tapi, pernahkan Anda mencari tahu lebih dalam tentang apa itu asuransi syariah, dan kenapa Anda perlu memiliki produk asuransi berbasis syariah, dan juga tahukah Anda bahwa asuransi syariah dapat membantu sesama peserta yang sedang mengalami kesusahan atau mengalami musibah? Di sini saya akan menjelaskan perbedaan utama antara asuransi syariah dan konvensional.

 

Apa itu asuransi syariah?

Menurut fatwa DSN MUI 21/DSN-MUI/X/2021 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, pengertian asuransi syariah adalah usaha saling membantu dan berbagi di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu menggunakan akad yang sesuai dengan syariah.

 

Perusahaan asuransi memiliki kewajiban sebagai operator dalam mengelola dana “Tabbaru” dari para peserta atau nasabah untuk saling tolong-menolong di antara mereka atau bisa juga disebut sebagai sharing risk. Pada praktiknya, dana tabbaru yang dikelola oleh perusahaan asuransi hanya digunakan untuk empat hal, seperti Ujrah, santunan asuransi (klaim risiko), Membayar Reasuransi, dan Surplus Underwriting.

 

Jadi, prinsip utama dari asuransi syariah sebenarnya adalah saling tolong menolong pada setiap nasabah atau peserta (takaful/ta’awun) yang artinya setiap peserta memiliki kontribusi untuk menolong peserta lainnya dalam hal yang baik serta memberikan keamanan saat terjadinya risiko pada peserta lainnya. Maka dari itu, asuransi syariah memiliki manfaat non materil tambahan dibandingkan asuransi konvensional berupa meningkatnya rasa kepedulian, persaudaraan, dan juga gotong-royong pada setiap peserta, dan inilah yang disebut dengan sharing risk.

 

Asuransi syariah di Indonesia sebenarnya dapat menjadi jawaban bagi Anda yang ragu dengan asuransi konvensional. Tentu saja, kedua asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari tahu tentang kedua asuransi ini sebelum memutuskan mana asuransi yang cocok untuk kebutuhan Anda.

 

Itu tadi sedikit banyak penjelasan mengenai apa itu asuransi syariah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah, Anda dapat langsung mengunjungi website Generali. Di sana, terdapat penjelasan, serta produk-produk asuransi syariah yang dapat membantu Anda dalam meminimalisir risiko.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *