Crowdfunding

Cara Mudah Mendapatkan Pendanaan untuk UMKM di Platform Crowdfunding

Crowdfunding Indonesia telah menjadi solusi untuk banyak pelaku bisnis. Hal tersebut merupakan praktik pendanaan dengan cara mengumpulkan modal yang berasal dari berbagai pihak. Situs dari praktiknya terdapat 3 jenis yaitu debt, donation, dan equity. Masih banyak orang yang bingung tentang caranya supaya dapat mendapatkan modal dengan menggunakan metode yang satu ini.

 

Berikut Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Crowdfunding

 

1.Mempersiapkan Proposal Semenarik Mungkin

Hal yang paling utama untuk bisa mendapatkan pendanaan dari crowdfunding yaitu dengan mempersiapkan proposal yang menarik. Supaya orang dapat tertarik untuk menanamkan dana kepada bisnis yang Anda ajukan, maka siapkan proposal usaha yang informatif, interaktif, dan menarik. Hal tersebut supaya penanam dana merasa cocok dan tertarik untuk menanamkan dana di bisnis Anda.

Informasi yang disajikan bisa berupa tujuan utama, proses pemasaran, proses manajemen, jenis usaha, prospek, dan proyeksi jangka panjang dari bisnis yang Anda jalankan. Supaya lebih menarik lagi, Anda juga bisa menawarkan proposal tersebut dengan bentuk video.

 

2.Mendaftar dan Membuat Akun Pada Platform Crowdfunding

Apabila Anda telah merasa bahwa proposal yang dibuat tersebut sudah sempurna dan matang, maka bisa langsung mendaftar di layanan equity crowdfunding yang dapat dipercaya, seperti di  amartha.com. Selain itu, platform yang Anda pilih juga harus sudah mempunyai regulasi yang resmi. Hal ini dimaksudkan supaya seluruh proses transaksi yang nantinya dilakukan bisa terjamin keamanannya.

Oleh karena itu, jajaki dulu berbagai platform yang banyak tersebar dengan cermat dan teliti. Setelah mendaftar di salah satu platform, maka Anda bisa langsung membuat akun. Carilah pula kisah sukses pebisnis lain yang berhasil memperoleh pendanaan dari platform tersebut. Intinya yaitu cermati dulu sebelum menentukan dimana Anda berniat untuk “menjual” ide dan gagasan bisnis milik Anda.

 

3. Memantau Perkembangan Proposal dan Mempromosikan

Setelah mendaftar dan membuat akun pada salah satu platform crowdfunding yang resmi dan dapat dipercaya, maka hal selanjutnya yaitu mengunggah proposal usaha yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah mengunggah, jangan lupa untuk rutin memantau perkembangan proses pengumpulan dari funding tersebut.

Aktiflah dan rajin membalas cepat setiap pertanyaan dari pemilik modal yang tertarik dengan proposal bisnis Anda. Jawaban yang Anda lontarkan juga jangan asal-asalan, melainkan harus jelas, padat, dan singkat. Hal tersebut supaya pemilik modal merasa yakin dan berniat menanamkan modal untuk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus rutin mempromosikan proposal yang telah Anda unggah di platform crowdfunding Indonesia yang dipilih. Tujuannya tidak lain supaya ada lebih banyak pemilik modal yang mengetahui penawaran yang telah Anda berikan.

Nah, itu beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah. Bagi Anda yang merintis startup atau waralaba maka bisa menggunakan model equity crowdfunding. Anda juga bisa segera menggunakan Amartha sebagai salah satu platform yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *