cara memperbanyak ASI

6 Cara Memperbanyak Asi Secara Mudah dan Aman

Pada usia 0 hingga 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) eksklusif merupakan asupan nutrisi sekaligus makanan yang penting untuk si kecil yang baru lahir. Meski begitu, ASI juga bagus diberikan hingga usia si kecil 2 tahun. Namun, tidak sedikit yang punya kendala minimnya ASI yang keluar. Nah, di sini kami punya solusi cara memperbanyak asi secara alami.

Ada 6 cara yang akan kami coba bahas di sini. Semua cara yang kami bagikan di sini cukup mudah dan bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Selain itu, caranya pun tergolong sangat aman. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.Rutin Memberikan ASI Kepada si Kecil

Pemberian ASI secara rutin juga dapat membantu melancarkan ASI. Pemberian secara rutin ini mampu merangsang payudara agar produksi ASI lancar. Umumnya,  ketika baru lahir, seorang ibu harus menyusui anaknya tiap 2 hingga 3 jam. Jadi setiap harinya bisa menyusui 8 hingga 12 jam.

Jika dilakukan secara rutin, produksi ASI pun akan lancar. Untuk mengoptimalkannya, maka diwajibkan agar mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Tujuannya agar cairan tubuh ibu menyusui tetap terjaga.

2.Menggunakan Alat Pompa ASI

Salah satu cara alami untuk memperbanyak ASI juga bisa menggunakan sebuah alat khusus bernama pompa ASI. Aktivitas memompa ASI juga bagus untuk merangsang produk ASI pada payudara. Anda bisa memompanya sendiri di rumah. Caranya pun tergolong sangat mudah sekali.

Memompa ASI juga memiliki fungsi yang lain. Adapun fungsi lain dari memompa ASI yaitu mengeluarkan sisa ASI yang tidak habis diminum oleh bayi. Dengan begitu, payudara akan segera memproduksi ASI yang baru untuk kebutuhan bayi.

3.Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang Anda konsumsi juga menjadi salah satu faktor penting agar produksi ASI semakin optimal. Pilihlah berbagai makanan-makanan sehat yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin dan gizi harian Anda. Pasalnya, kebutuhan vitamin dan gizi saat menyusui wajib diperhatikan.

Anda juga bisa mengonsumsi berbagai makanan-makanan yang dapat menambah ASI. Cara ini juga sangat membantu ibu menyusui untuk memproduksi ASI menjadi lebih optimal. Adapun makanan-makanannya yaitu seperti bayam, daun katuk, dan wortel.

4.Membersihkan dan Mengompres Payudara

Jangan lupa juga untuk selalu mengompres payudara agar produk ASI menjadi semakin lancar. Cara mengompres payudara tergolong mudah. Anda bisa menggunakan handuk dan air hangat lalu Anda kompreskan langsung ke payudara selama beberapa menit saja.

Selain mengompres, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan payudara. Pasalnya, terkadang payudara ibu menyusui kerap tersumbat yang menyebabkan ASI tidak keluar secara lancar.

5.Menjaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat yang kami maksud di sini mencakup berbagai aspek. Menjaga pola hidup sehat bis Anda mulai dari makanan, olahraga, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, hingga memperhatikan kualitas tidur setiap hari.

Tubuh yang sehat berpengaruh pada produksi ASI ibu menyusui. Maka dari itu, usahakanlah untuk tetap menjaga pola hidup sehat setiap saat.

6.Hindari Stres dan Beban Pikiran

Terhambatnya ASI juga bisa dikarenakan oleh beban pikiran yang berat, atau stres. Ketika pikiran ibu menyusui sedang kalut, maka produksi ASI pun akan terganggu dan relatif sedikit.

Maka dari itu, belajarlah untuk mulai mengelola stres. Usahakan agar pikiran tetap dalam keadaan rileks. Anda juga bisa menggunakan ruangan tenang saat menyusui agar lebih rileks.

Demikian 6 cara memperbanyak ASI secara alami yang mudah dan juga efektif. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa di antaranya. Jika ASI lancar, maka asupan nutrisi si kecil pun akan terpenuhi secara optimal.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *